Friday, November 18, 2016

Rpp Kurikulum 2013 Sd Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6

RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6 ini juga masih termasuk ke dalam RPP K13 SD edisi terbaru Tahun Pelajaran 2016 yang merupakan kelanjutan dari pembelajaran 1,2,3,4 dan 5 (bisa anda lihat melalui link di bab bawah artikel).

 yang merupakan kelanjutan dari pembelajaran  RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6

Isi RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6

Adapun isi dari Pembelajaran 6 yang merupakan bab terakhir dari tema dan subtema 1 wacana Diriku - Aku dan Teman Baruku sebagai berikut :

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembuka  ( ±.............menit )
1. Guru memperlihatkan salam pembuka di awal pelajaran.
2 .Guru mengajak siswa berdoa sebelum melaksanakan kegiatan. Guru menanamkan nilai bahwa berdoa kepada Tuhan sebelum melaksanakan aktivitas bertujuan semoga aktivitas hari ini bermanfaat dan berlangsung dengan baik.
 Siswa berdoa menurut iktikad masing-masing. Guru memimpin doa sebelum kegiatan
3. Setelah berdoa, aktivitas pun dimulai.
4. Guru meminta siswa untuk menyebutkan nama masing-masing dan menyebutkan huruf-huruf
penyusun namanya. Ini untuk mengingatkan kembali siswa wacana abjad a-z.

Kegiatan Inti (±..............menit )
1. Guru kembali membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapat satu set kartu abjad a-z dan satu set kartu abjad vokal.
2. Setiap kelompok diminta membuka buku siswa halaman 30. Mereka melihat nama-nama yang hurufnya disusun acak. Bersama teman kelompok, para siswa menyusun kembali nama-nama tersebut dengan memakai kartu abjad yang telah diberikan. Contoh cara mengerjakannya juga telah tersedia di buku siswa halaman 30.
3. Guru berkeliling mengamati pekerjaan setiap kelompok sambil menanyakan adakah bab yang sulit dan memerlukan pertolongan guru.
4. Setelah semua kelompok selesai mengerjakan, secara acak guru meminta tiap kelompok memperlihatkan kartu abjad dari sebuah nama yang ada di buku siswa halaman 30.
5. Guru dan siswa kemudian bertanya, nama siapakah yang paling susah untuk ditebak dan disusun huruf-hurufnya? Mengapa?
6. Selesai menyusun huruf, setiap kelompok menentukan satu orang siswa anggotanya untuk bercerita wacana nama sendiri dan nama satu orang teman beserta huruf-huruf penyusunnya. Tak lupa untuk membilang banyaknya abjad penyusun nama. (lihat buku siswa halaman 32)
7. Para siswa kembali ke kawasan duduk masing-masing. Untuk menguatkan siswa wacana abjad a-z, siswa berlatih mengerjakan soal di buku siswa halaman 31.
8. Setelah berlatih soal, guru meminta siswa melihat ke papan tulis.
9. Guru sudah melekat kartu lambang bilangan 1 hingga dengan 10 di papan tulis.
10. Guru mengajak siswa membaca lambang bilangan secara berurut dari 1 hingga dengan 10.
11. Guru kemudian menunjuk kumpulan benda-benda tertentu. Siswa diminta membilang benda tersebut dan mengidentifikasi lambang bilangannya. Kegiatan ini diulang beberapa kali. (lihat buku siswa halaman 33)
12. Kemudian siswa diminta untuk berguru dan berlatih membilang banyaknya benda yang ada di buku siswa pada halaman 34-35, kemudian menuliskan lambang bilangannya di dalam kotak yang tersedia.

Kegiatan Penutup  ( ±...................menit )
1. Sebelum aktivitas ditutup, guru dan siswa sama-sama melaksanakan refleksi aktivitas di hari ini.
2. Secara acak guru menunjuk beberapa siswa dan meminta mereka untuk menyebutkan dan melafalkan huruf-huruf penyusun nama.
3. Setelah itu, guru memperlihatkan lambang bilangan dari 1 hingga dengan 10 dari kartu angka, kemudian siswa gotong royong membaca lambang bilangan tersebut.
4. Guru kemudian menunjuk siswa secara acak untuk menuliskan lambang bilangan dari 1 hingga dengan 10.
5. Refleksi ditutup dengan doa alasannya yakni aktivitas hari ini telah selesai. Guru memimpin doa. Guru mengingatkan siswa semoga selalu berdoa sebelum melaksanakan aktivitas di rumah.
6.  Guru memperlihatkan salam penutup, siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru dikala pulang.
G. Penilaian
1. Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan perilaku siswa selama aktivitas
2. Penilaian pengetahuan:
- Tes tertulis
(Guru dapat mengambil nilai pengetahuan dari latihan yang dikerjakan siswa di buku siswa. Selain itu, guru juga dapat menyebarkan pertanyaan dari bahan yang telah diberikan, sesuai dengan kondisi di kelas)
3. Penilaian keterampilan:
Penilaian: Unjuk kerja: Bercerita wacana nama diri sendiri dan teman baru

Dowbload RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6

Gunakanlah link unduh yang blog edukasi sediakan di bawah ini untuk mendapat file secara sepenuhnya!

Download Link:

Baca Juga:

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon