RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 masih berisikan pembahasan wacana tema diriku Aku dan sahabat gres dengan alokasi waktu 5 x 35 menit. rencana pelaksanaan pembelajaran ini merupakan kelanjutan dari Pembelajaran 1 dan 2 yang sanggup anda dapatkan pada:
- RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 1 SD Pembelajaran 1
- RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 1 SD Pembelajaran 2
Isi RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 - Kegiatan Inti dan Penutup
Kegiatan Inti (±..........menit )Pada awal pelajaran, guru memberikan kepada siswa mereka akan berguru mengenal huruf.
1. Agar sanggup mengenal karakter dengan baik, guru menulis karakter a-z pada selembar karton/kertas berukuran lebar. Kertas/ karton itu kemudian ditempel di papan tulis.
2. Siswa diajak untuk bernyanyi lagu “a-b-c” sambil guru memperlihatkan karakter yang dimaksud pada lembar kertas. (lihat buku siswa halaman 12)
3. Lagu ini ditujukan untuk mengawali acara di hari itu dan bukan bab dari acara pembelajaran SBDP. Notasi berikut untuk membantu guru menyanyikan lagu “a-b-c”.
Ulangi sekali lagi. Tunjuk salah satu siswa untuk memperlihatkan karakter a-z ketika sahabat yang lain
bernyanyi lagu “a-b-c”.
4. Untuk membantu menguatkan siswa wacana konsep huruf, mereka berlatih mengidentifikasi nama tokoh di buku dengan melihat huruf-hurufnya. (lihat buku siswa di halaman 13).
5. Setelah final berlatih, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok.
6. Setiap kelompok mendapatkan kartu nama sesuai dengan nama-nama siswa yang tergabung di kelompok tersebut.
7. Setiap anggota kelompok berhubungan untuk memasang kartu nama pada masing-masing siswa di kelompok tersebut degan tepat.
8. Minta setiap siswa memperhatikan huruf-huruf “a, i, u, e, o” yang menyusun nama mereka.
9. Minta setiap kelompok bangun secara bergiliran sambil memegang kartu nama masing-masing supaya siswa di kelompok lain sanggup memperhatikan huruf-huruf “a, i, u, e, o” yang menyusun nama semua siswa di kelas.
10. Guru kemudian mengajak semua kelompok bermain kartu karakter penyusun nama. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu karakter a-z dan satu set kartu karakter “a, i, u, e, o”.
11. Guru menunjuk kelompok untuk maju ke depan kelas. Minta kelompok tersebut menentukan 2 nama siswa anggotanya untuk ditebak karakter “a, i, u, e, o”.
12. Beberapa siswa anggota kelompok tersebut bangun berjajar. Mereka mengalungkan karakter sesuai nama yang akan ditebak, tapi tanpa karakter “a, i, u, e, o” (lihat buku siswa halaman 14).
13. Guru menunjuk kelompok lain untuk menebak karakter “a, i, u, e, o” yang hilang dari nama tersebut.
14. Kelompok yang bertugas menebak harus mencari karakter “a, i, u, e, o” dari kartu karakter “a, i, u, e, o” yang telah dibagikan dan menyebutkan karakter “a, i, u, e, o” yang hilang dengan bunyi keras. Setelah itu, kartu karakter yang tadi disebutkan dikalungkan ke leher sahabat yang sedang bangun berjajar supaya menjadi nama siswa yang lengkap.
15. Setelah dua nama dari kelompok yang menerima giliran maju telah final ditebak, giliran kelompok yang menebak untuk maju ke depan kelas. Lalu kelompok yang lain lagi akan menebak karakter “a, i, u, e, o” dari nama siswa yang hilang. Begitu seterusnya hingga semua kelompok menerima giliran maju untuk bermain.
16. Setelah bermain kartu huruf, siswa kembali ke daerah duduk masing-masing.
17. Guru dan siswa bahu-membahu menyanyikan lagu “a-b-c” dan menyebutkan kembali karakter “a, i, u, e, o”.
18. Sebelum masuk ke acara berikutnya, guru memancing siswa dengan pertanyaan,”Berapa kelompok yang tadi bermain tebak huruf?”, “Masing-masing kelompok terdiri dari berapa orang?”
19. Siswa ada yang menjawab (dengan balasan yang beragam), ada juga siswa yang diam.
20. Guru mengenalkan konsep bilangan 1 hingga dengan 10.
21. Minta siswa mengamati gambar di buku siswa halaman 15.
22. Minta siswa bahu-membahu menghitung banyaknya benda yang ada di gambar dari bilangan 1 hingga dengan 10 secara berurutan.
23. Guru juga sanggup menyediakan banyak sekali benda yang ada di kelas kemudian meminta siswa secara bergiliran membilang banyaknya benda tersebut.
24. Untuk penguatan konsep bilangan 1 hingga dengan 10, minta siswa berlatih di buku siswa halaman 16. Siswa membilang banyaknya benda yang ada di gambar kemudian memasangkan dengan gambar lain dengan banyak benda yang sama.
25. Selesai berlatih, guru mengajak bermain sambil mengenal bilangan.
(lihat buku siswa halaman 17)
26. Minta siswa bangun membentuk lingkaran, kemudian guru memberikan hukum permainan. Siswa akan berkumpul bersama sahabat yang banyaknya sesuai dengan bilangan yang akan disebutkan oleh teman.
27. Guru memberi contoh, “Berkelompok lima-lima”. Siswa kemudian segera mencari sahabat untuk berkumpul membentuk kelompok yang banyak anggotanya ada lima. Setelah berkelompok, siswa mengulangi instruksi permainan “Berkelompok lima-lima”.
28. Setelah menjelaskan, guru akan menunjuk salah satu siswa untuk memperlihatkan aba-aba. Siswa tersebut akan mendapatkan instruksi dari guru.
29. Kemudian siswa yang ditunjuk memberi aba-aba,”Berkelompok tiga-tiga”, “Berkelompok tujuh-tujuh”, begitu seterusnya hingga semua bilangan 1 hingga dengan 10 diberikan. Ingatkan siswa untuk mengulangi instruksi permainan sesudah berkelompok.
30. Guru memberi contoh, “Berkelompok lima-lima”. Siswa kemudian segera mencari sahabat untuk berkumpul membentuk kelompok yang banyak anggotanya ada lima. Setelah berkelompok, siswa mengulangi instruksi permainan “Berkelompok lima-lima”.
31. Setelah menjelaskan, guru akan menunjuk salah satu siswa untuk memperlihatkan aba-aba. Siswa tersebut akan mendapatkan instruksi dari guru.
32. Kemudian siswa yang ditunjuk memberi aba-aba,”Berkelompok tiga-tiga”, “Berkelompok tujuh-tujuh”, begitu seterusnya hingga semua bilangan 1 hingga dengan 10 diberikan. Ingatkan siswa untuk mengulangi instruksi permainan sesudah berkelompok.
Kegiatan Penutup (±................menit )
1. Kegiatan ditutup dengan diskusi mengenai acara hari ini. Siswa menceritakan perasaan dan kesulitannya ketika bermain kartu karakter dan kelompok banyaknya benda.
2. Sebelum pulang, guru melontarkan pertanyaan yang memantik pemikiran siswa.
“Tadi pagi ketika hendak ke sekolah, kalian memberi salam dan berpamitan dengan orang tua. Ketika nanti pulang, apa yang sebaiknya kalian lakukan sebelum masuk ke dalam rumah?” “Mengapa hal itu harus dilakukan?”
Jawaban siswa akan beragam, namun guru menyimpulkan dan menekankan kepada siswa pentingnya memberi salam terlebih dulu ketika hendak masuk rumah.
3. Guru memberi salam penutup. Siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru ketika pulang.
4. Setelah pulang ke rumah, siswa memberi salam ketika masuk ke dalam rumahnya dan bercerita kepada orang renta wacana acara yang dilakukan di kelas pada hari itu.
RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 - Kegiatan Inti |
Download RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3
Silahkan gunakan link2 ini untuk mendapatkan file RPP revisi kelas 1 tersebut :Link Unduh :
Supaya gampang diedit dalam mengisikan data-data yang diharapkan ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di atas, sengaja di buat dalam bentuk Microsoft Office Word.
EmoticonEmoticon